Halal Tourism Berpotensi Perkuat Industri Wisata Indonesia

Dilansir dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag), Kepala Badan Penyelenggara Produk Jaminan Halal (BPPJH), Muhammad Aqil Irham dalam Jakarta Marketing Week 2022 menilai bahwa halal tourism (wisata halal) sangat berpotensi untuk memperkuat potensi wisata nasional.

Halal tourism dalam pandangan Aqil Irham merupakan konsep wisata yang menyediakan layanan tambahan untuk meningkatkan kepuasan wisatawan muslim dalam memperoleh, mengonsumsi, atau menggunakan produk halal, baik berupa barang ataupun jasa selama berwisata.

“Artinya, aspek halal bukan berkaitan dengan mengislamisasikan destinasi wisatanya, melainkan dari sisi layanan yang berbasis ketersediaan produk halal.” Jelasnya dalam acara tersebut. Dengan demikian, para wisatawan muslim bisa dengan mudah memperoleh layanan yang berkaitan dengan makanan, minuman, atau kebutuhan lainnya yang sudah bisa dijamin kehalalannya.

Peluang wisata halal saat ini menjadi perhatian khusus dari sejumlah negara, bukan hanya negara yang terjaring ke dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) melainkan juga negara maju yang berada di Asia Timur, salah satunya Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. Sebab sektor wisata halal ini dapat dipastikan bisa mendorong industri wisata yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Jika melihat potensi destinasi wisata yang ada di Pulau Dewata, Bali, konsep ini sangat mungkin untuk diterapkan. Mengingat banyaknya rumah makan tradisional khas Bali yang masih memnyediakan makanan halal untuk wisatawan muslim yang berkunjung, salah satunya ayam betutu.

Mengulang kembali perkataan Aqil Irham, bahwa wisata halal yang dimaksud adalah tidak mengislamisasi wisatanya, melainkan memberikan kemudahan bagi para wisatawan muslim untuk menikmati makanan halal, ketersediaannya tempat ibadah yang mudah dijangkau, dan lain sebagainya.

Hal inilah menjadi layanan utama yang diberikan oleh Haramain Holiday kepada wisatawan muslim yang berkunjung ke Bali. Tak hanya puas dengan keindahan alam dan budayanya, melainkan juga tersedianya makanan halal dan tempat ibadah.

Jadi, tunggu apalagi! Yuk nikmati wisata alam dan budaya Bali dengan Haramain Holiday! Jangan khawatir, makanannya sudah terjamin kehalalannya, kok! Tempat ibadah sudah pasti mudah dijangkau! Dan satu lagi, driver dan tour guide nya sudah handal dan bersertifikasi, lho! Siap mengantarkan Sobat Habe untuk bersantai bersama keluarga di Bali!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.